Selasa, 04 November 2014

Badan Usaha / Perusahaan



Faktor yang menjadi pertimbangan dalam menentukan bentuk badan usaha

Terdapat beberapa bentuk badan usaha seperti perusahaan perseorangan, persekutuan firma, perseroan terbatas, dan  bentuk perusahaan lainnya. Sebelum mendirikan suatu perusahaan, baiknya orang tersebut dapat mempertimbangkan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja dari perusahaannya di kemudian hari.
            Beberapa hal yang yang harus dipertimbangkan dalam menentukan bentuk badan perusahaan terutama berkaitan dengan visi dan misi dari perusahaan yang akan didirikan. Berikut dijelaskan beberapa pertimbangan dalam menentukan bentuk badan perusahaan :
1.      Modal yang diperlukan
Apabila badan usaha yang didirikan memerlukan modal yang tidak terlalu banyak, sebaiknya dipilih badan usaha perorangan. Dan sebaliknya apabila badan usaha yang didirikan memerlukan modal yang banyak, maka baiknya dipilih bentuk badan usaha Perseroan Terbatas (PT). Pada perusahaan PT kita dapat memperoleh modal dengan menjual saham kepada pihak lain.


2.      Bidang usaha / kegiatannya
Jika badan usaha yang akan didirikan berfokus pada bidang / kegiatan perdagangan atau jasa, baiknya kita memilih bentuk perusahaan perseorangan. Tapi jika perusahaan yaang akan didirikan bergerak di bidang industri yang memerlukan lebih banyak modal, kita dapat memilih bentuk badan usaha Perseroan Terbatas (PT). Karena pada bentuk ini usaha yang kita jalankan akan memiliki modal lebih daripada memilih bentuk perseorangan.

3.      Tingkat risiko yang dihadapi
Pemilihan bentuk perusahaan harus memperhatikan tingkat risiko yang akan dihadapi di masa mendatang. Jika tingkat risiko itu tidak terlalu besar, sebaiknya memilih bentuk badan usaha perseorangan atau persekutuan. Dan apabila risiko yang akan dihadapi cukup besar pemilihan bentuk badan usaha Perseroan Terbatas (PT) adalah hal yang baik.

4.      Undang-undang dan peraturan pemerintah
Penentuan bentuk badan usaha perlu disesuaikan dengan undang-undang dan peraturan yang berlaku. Kegiatan badan usaha tidak boleh bertentangan dengan undang-undang dan peraturan pemerintah.

5.      Cara pembagian keuntungan
Pembagian keuntungan adalah salah satu faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih bentuk badan usaha.  Apabila mengharapkan keuntungan dapat dinikmati sendiri, pilihlah bentuk badan perseorangan karena keuntungan yang didapatkan tidak perlu dibagi lagi. Sebaliknya, apabila keuntungan ingin dinikmati bersama, sebaiknya pilih bentuk badan usaha Perseroan Terbatas (PT), karena bentuk badan ini terdiri dari beberapa pemilik (pemilik saham). 

----------------------------------------- 



Mengapa orang cenderung merubah bentuk perusahaan perseorangan ke bentuk usaha perseroan terbatas (PT)

            Bentuk perusahaan perseorangan dan perseroan terbatas memiliki beberapa kelebihan dan kelemahan masing-masing.
Perseorangan
o   Kelebihan :
- Mudah cara pendiriannya
- Seluruh keuntungan menjadi milik sendiri
- Cepat dalam pengambilan keputusan
- Pemilik lebih leluasa mengelola usaha
o   Kelemahan:
- Modal usaha kecil sehingga sukar berkembang
- Seluruh kerugian menjadi tanggungan pemilik
- Hidup dan mati badan usaha hanya ditangan seseorang

PT
o   Kelebihan:
- Mudah memperoleh/menambah modal dengan jalan menjual saham
- Keprofesionalan pengelola lebih bisa diandalkan
- Pemilik saham dapat sewaktu-waktu memindahtangankan atau menjualnya kepada
   orang lain
- Tanggung jawab pemilik sebatas saham yang dimilikinya
- Mudah memperoleh kredit dari bank
o   Kelemahan:
- Proses pendirian memerlukan perijinan yang lama dan berbelit
- Spekulasi saham dibursa saham menyebabkan labilnya permodalan perusahaan
- Rahasia badan usaha kurang terjamin
Melihat dari kelemahan yang dimiliki dalam bentuk usaha perseorangan, bentuk ini hanya memiliki sedikit modal karena hanya terdiri dari satu pemilik sehingga sukar untuk dikembangkan. Selain keuntungan penuh yang diperoleh pemilik, kerugian penuh juga diraihnya karena usaha hanya dimiliki seorang diri. Hidup dan mati usaha itu hanya ada di tangan seseorang pendiri badan usaha tersebut. Sedangkan badan usaha bentuk perseroan terbatas modalnya berasal dan dimiliki oleh beberapa orang yang jumlahnya menjadi lebih banyak dibandingkan dengan perseorangan, dengan modal yang lebih banyak inilah dapat diraih keuntungan yang lebih banyak pula. Dilihat dari kelebihan yang dimiliki PT inilah pada akhirnya orang cenderung memilih bentuk perusahaan tersebut.

 
 ----------------------------------------- 


Alasan mengapa Bentuk Usaha Koperasi cocok dengan bentuk usaha rakyat Indonesia

Pada dasarnya Landasan Negara Indonesia adalah Gotong Royong, kegiatan saling membantu (gotong royong, solidaritas, dan perhitungan  ekonomi) koperasi sebagai gerakan self help seharusnya menjadi senjata ekonomi bangsa Indonesia agar lebih berdikari. Selain, seperti dikatakan Bung Hatta, sebagai senjata persekutuan si lemah untuk mempertahankan hidupnya. Makanya, tak mengherankan bila koperasi dianggap sebagai bentuk usaha bersama yang paling cocok dengan tradisi bangsa Indonesia, yaitu tolong-menolong.diantara individu dan usaha akan lebih berhasil mengatasi permasalahan baik sosial maupun ekonomi. Apalagi dalam menghadapi ekonomi pasar dimana persaingan pasar sangat ketat akan menyebabkan UKM semakin tidak berdaya. Dalam ketidak berdayaan ekonomi seperti ini kekuatan-kekuatan ekonomi seperti usaha besar akan menguasai UKM baik dalam pemasaran hasil produksi maupun dalam penyediaan sarana-sarana produksi.
Hal ini menyebabkan usaha-usaha kecil dan  menengah harus bergabung dalam suatu wadah (organisasi), dengan saling membantu dan bekerja sama tidak saja untuk menghadapi oligopolies dan monopolis, tetapi juga untuk meningkatkan kemampuan berproduksi dan memasarkan hasil produksinya. Organisasi tersebut dinamakan Koperasi .


 ----------------------------------------- 

Bentuk usaha apa dan bergerak dalam komoditi apa yang maju saat ini

a)      Belanja Online
Sekarang “online shop” di kalangan remaja, karena kita tidak perlu keluar untuk membeli berbagai macam keperluan dimana saja dan kapan saja. Kita juga hanya tinggal menunggu barang terkirim ke rumah kita.
b)      Restaurant
Sekarang banyak orang yang tidak punya waktu banyak diluar tempat kerjaan, maka dari itu banyak orang yang tidak sempat memasak dirumah. Oleh karena itu sekarang ini restaurant juga banyak di pinggir jalan. Variasi harganya pun bermacam macam, oleh karena itu kita dapat membeli makanan sesuai dengan harga yang kita mampu.
c)      Bimbingan Belajar
Belajar disekolah kadang tidak cukup untuk meningkatkan nilai karena terlalu banyaknya siswa dikelas. Untuk itu solusinya adalah belajar di tempat bimbingan belajar atau yang sekarang disebut tempat les.
d)     Tempat Photocopy
Kebanyakan pelajar atau mahasiswa membutuhkan jasa photocopy karena tidak banyak orang yang mempunyai mesin photocopy sendiri. Ada juga yang perlu untuk menjilid atau mengeprint tugas. Di tempat itu juga dijual alat tulis.
e)      Toko Baju
Usaha dalam bidang pakaian sangat diminati apalagi untuk kaum wanita yang membutuhkan banyak style untuk pakaian. Karena banyaknya toko baju, banyaknya variasi harga yang beragam.
f)       Bahan Bangunan
Tingginya tingkat pembangunan di negara Indonesia menjadikan usaha Bahan Bangunan sangat diminati dan terjamin kesuksesannya. Banyak juga orang yang membutuhkan bahan bangunan untuk membangun rumahnya.
g)      Warnet
Usaha ini sangat maju saat ini karena tidak semua orang mempunyai komputer dan koneksi internet untuk mencari segala informasi dan mengerjakan tugas. Kita tidak harus mempunyai komputer untuk dapat mengetahui perkembangan tentang dunia ini melalui internet. Kita dapat dengan mudah datang ke warnet dan bayarannya juga tidaklah mahal.



 ----------------------------------------- 


Sumber :


Kelompok :
Dessy novianty                       (22214768)
Clarina Puspita R.                   (22214452)
Kurniawati Dwi Pertiwi          (25214947)
Rachel Anastasya                    (28214668)
Wahyu Sintamaya                   (2C214155)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.blogger-iframe-colorize {display: block !important; }